KESEIMBANGAN

 KESEIMBANGAN



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Istilah keseimbangan secara umum dapat diartikan sebagai situasi dimana kita mampu mengelola berbagai urusan secara proporsional. Secara hakikat, keseimbangan tidak dapat dipisahkan  dengan sejatinya manusia yang terdiri atas unsur zohir dan bathin.


Unsur zohir terkait dengan praktek aktivitas ibadah yang kita lakukan melalui anggota tubuh kita, sementara unsur bathin menyangkut pemahaman keimanan yang melandasi ibadah lahiriyah tersebut.


Allah berfirman alam Al Qur’an Surat Al- Ashr:1-3

Artinya:

1. Demi masa

2. Sesungguhnya manusia itu benar- benar dalam kerugian

3. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.


Dalam surat ini jelas Allah bersumpah demi waktu Ashar bahwa manusia dalam keadaan merugi Siapakah mereka?

Mereka adalah manusia yang tidak seimbang antara iman dan amalannya. Namun manusia tidak menyadari akan hal ini karena umumnya sudah merasa beriman dan beramal sholeh.

Pertanyaan: apakah ibadah manusia yang meliputi keseimbangan zohir- bathin yang memfasilitasi keterhubungan dengan Allah SWT tanpa putus?

Ya, Sholatlah jawabannya.

 Apakah kita hanya mengerjakan sholat sekdar melepaskan kewajiban tanpa memahami hikmah yang tersirat dari setiap ucapan dan gerakan yang ada pada sholat?

Kalau kita hanya melakukan salah satu dari keduanya , atau bahkn tidak keduanya, maka masuklah kita dalam golongan orang- orang yang merugi yang Allah gambarkan pada ayat di atas.


Marilah kita bermohon kepaa Allah agar selalu  diberi kesempatan untuk bertemu dan belajar beserta orang-orang yang telah Allah amanahkan dengan  ilmu keseimbangan, memahami dan mengamalkannya agar memperoleh keseimbangan yang sebenarnya.

 

Kesimpulan:

1. Keseimbangan mencakup unsur zohir dan bathinnya manusia

2. Allah bersumpah manusia secara umum dalam keadaan merugi

3. Sholat aalah bentuk keseimbangan yang harus di pahami dan dipraktekkan secara bersamaan

Referensi : https://www.taubi.my.id/alashr

Ahamdulillahi Rabbil’ Alamin

Innalillahi Wainnailaihi Rajiuun…

Wallahualam Bishawab

Assalamualaikum Wr wb

No comments:

Powered by Blogger.